Minggu, 29 April 2012

bersepedalah supaya sehat!!

"Ah males ah olahraga. mending gue tidur"..
barangkali kalimat diatas sering sekali kitA ucapkan ketika diajak berolahraga. sebenarnya sangat beralas kita bersepeda. alasan sih klasik capeklah, males keringetanlah, pengen bersantai. dan demi itu semua kita sering sekali meninggalkan olahraga yang berfungsi menjaga kesehatan dan kebugaran kita

padahal ada slah satu olahraga ringan yang sebenarnya sangat menyenangkan yaitu BERSEPEDA. olahraga ini membuat kita tidak sadar kalu sedang berolahraga. kita secara tidak sadar menggerakkan badan karena biasanya kita dialihkan dengan memperhatikan pemandangan. apalagi kalau beramai ramai pasti lebih seru. secara sadar tujuan olahraga tercapai yakni supaya kita SEHAT


banyak sekali manfaat dari bersepeda. bersepeda akan mengencangkan otot bagian bawah seperti betis, paha dan pinggul. Bersepeda mampu membakar kalori sebanyak 300 sampai 700 kalori setiap jam. Jadi, akan berguna untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan dan membentuk tubuh. Selain itu, bersepeda dapat meningkatkan volume paru-paru sampai 50% sehingga oksigen yang dapat ditampung lebih banyak.

Untuk penderita obesitas, bersepeda merupakan olahraga yang dianjurkan karena bersepeda relatif aman dibandingkan kebanyakan olahraga yang mengharuskan berlari atau melompat. Benturan akibat berlari atau melompat dapat menyebabkan cedera kaki, pinggang, punggung bagi mereka yang obesitas karena berat badan yang berlebih membuat benturan semakin keras. Bersepeda juga baik untuk kesehatan jantung.

ada beberapa tips saat  bersepeda yakni agar aman dan tidak cedera:
  • Pastikan bagian-bagian  sepeda seperti rem dan ban dalam kondisi yang aman sehingga tidak akan mengganggu perjalanan atau menimbulkan kecelakaan.
  • lakukan pemanasan dan pendinginan saat bersepeda agar tidak terjadi cedera
  • Sebagai penambah keamanan saat bersepeda, Anda dapat mengguunakan perlengkapan pelidung seperti helm, sepatu, kaos kaki, sarung tangan, kacamata atau perlengkapan lain yang diperlukan.
  • Saat memulai mengayuh sepeda, lakukan dulu dengan kecepatan perlahan selama 5-10 menit sebagai cara untuk pemanasan dan menyesuaikan dengan sepeda.
  • Saat mengayuh sepeda, usahakan agar Anda mengayuh pedal satu putaran penuh.
  • Kecepatan yang dianjurkan untuk kesehatan adalah 27 km/jam dan putaran roda 70 putaran per menit (rpm)
  • Selesai bersepeda, lakukan lakukan pendinginan dengan mengayuh sepeda secara perlahan selama kurang lebih 10 menit.
  • bila tubuh telah terasa lelah jangan memaksakan diri. tentu saja kita tidak ingin sakit karena bersepeda padahal tujuannya kita kan ingin SEHAT
jadi tunggu apa lagi?? ayo ambil sepeda kita nggwes ria. jadilah generasi sehat indonesia



Tidak ada komentar: